Kamis, 30 Oktober 2008

BERBARISLAH...

“Ada tiga kelompok orang yang Allah akan tertawa kepada mereka, yaitu kepada orang yang bangun tengah malam, kepada orang-orang jika berbaris untuk mengerjakan shalat, dan orang-orang jika berbaris untuk berperang”

(HR Ibnu Majah)

***

Muqatil bin Hayyan mengemukakan, orang-orang mukmin berkata,

“Seandainya kami menemukan amalan yang paling disukai Allah, pasti kami akan mengamalkannya”. Kemudian Allah Ta’ala menunjukkan kepada mereka amalan yang paling dicintai-Nya melalui firman-Nya:

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”

(QS Ash Shaf: 4)

Said bin Jubair berkata, “Rasulullah saw tidak menyerang musuh kecuali dengan membariskan pasukan”.

Ini merupakan tarbiyah langsung dari Allah kepada orang-orang yang beriman. Allah telah membariskan orang-orang mukmin dalam peperangan dan shalat.

Setiap elemen dalam barisan itu saling merapatkan barisan, merekat erat, hingga mereka teguh,tidak akan tumbang karena kokohnya barisan mereka.

Pada musim haji, Rasulullah pernah bersabda,

“Siapakah orang yang akan melindungi diriku sehingga aku dapat menyampaikan risalah dari Rabb-ku karena orang-orang Quraisy telah menghalangi jalanku untuk menyampaikan risalah Rabb-ku?”

Dengan penuh keyakinan kaum Aus dan Khazraj dari penduduk Madinah membai’at Rasulullah, mendukung dan meyakinkan beliau bahwa mereka siap menjadi pelindung Rasulullah… dan mereka pun memenuhi janji mereka… Hingga Allah dan Rasul-Nya memberikan nama kepada mereka dengan sebutan Anshar… sebagaimana sebutan bagi penolong-penolong agama Allah (Ansharullah) yang dikisahkan pada ayat penutup surat Ash-Shaff dalam Al Qur’an.

***

Wahai para pejuang…

Wahai para perindu syahid…

Jika pada hari ini keraguan masih menjauhkanmu dari barisan…

Jika pada hari ini engkau masih terseret jauh dari barisan…

Jika pada hari ini engkau masih lalai dari bersiap siaga dalam barisan…

Ingatlah…

Bahwa Allah telah menyerumu melalui firman-Nya yang Agung…

Maka berbarislah…

Himpunkan kembali kekuatan…

Rapatkan kembali jasad dan ruhmu dalam barisan…

Satukan azzam melangkah di medan juang…

Yakin ‘kan raih kemenangan…

Apalagi yang engkau tunggu…

Jika mahabbatullah telah memanggilmu…

Dan syurga pun telah menantikanmu…

Tidak ada komentar:

Template Design by SkinCorner