Kamis, 30 Oktober 2008

JIHAD ADALAH JALAN KEMULIAAN

Ini bukan tulisan ana, melainkan tulisan salah seorang saudara ana...Sebenarnya telah lama beliau tulis via milist...
Namun barusan ana kembali membacanya...
Sengaja ana masukkan di blog ini, berharap bisa berbagi...
Selamat membaca... Semoga bermanfaat...

***

Ikhwa wa akhwati fillah, marilah kita melakukan Muhasabah terhadap kondisi ummat islam pada saat ini. Perenungan yang menghasilkan sebuah kesadaran yang berimplikasi pada perubahan sikap yang harus segera kita lakukan.

Kehinaan dan penderitaan yang dialami oleh kaum muslimin diseluruh dunia. Kesimpulannya, faktor penyebab hal itu adalah karena tidak adanya komitmen yang penuh terhadap islam, sehingga mengakibatkan lunturnya semangat jihad dan tenggelam dalam kenikmatan dan kesenangan dunia. Akibatnya pihak lawan sangat bernafsu untuk menggiring dan menjerumuskan kaum Muslimin ke jurang kehinaan.


Tidak ada solusi bagi kaum Muslimin dari kehinaan, keterpurukan dan penindasan ini, kecuali hanya dengan menghidupkan kembali semangat jihad. Hal ini tidak dapat dilakukan dengan sempurna tanpa adanya komitmen kepada Al-Qur'an dan Sunnah Rasul-Nya SAW. Kembali kepada jihad menuntut adanya persiapan yang islami terhadap seluruh elemen umat Islam sejak dini.

Tarbiyah islamiah merupakan tarbiyah yang seimbang dan konfrehensif. Diantara watak komprehensifnya adalah pendidikan Islam mempersiapkan umatnya untuk siap berjihad. Allah SWT berfirman:


Hai orang-orang yang beriman, barang siapa murtad diantara kamu dari agamanya, maka Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lembut kepada orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, mereka berjihad di jalan Allah dan mereka tidak takut celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha luas (pemberiannya) lagi maha mengetahui
(AL-Maidah:54)

Diantara sifat orang2 yg dicintai Allah dan yang mencintai Allah adalah bersikap rendah hati kepada orang-orang mukmin dan dan besifat keras terhadap orang-orang kafir. Selain itu, mereka berjihad di jalan Allah dan tidak takut kepada seorang pun karena membela Allah. Inilah kemuliaan yang dijanjikan oleh Allah kepada kaum Muslimin,


Janganlah kamu lemah dan jangan bersedih hati, padahal kamulah orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu beriman
(Ali 'Imran:139).


Inilah kemuliaan yang Allah tetapkan untuk Dzat-Nya, rasul-Nya, dan oang-orang mukmin. Allah Swt. berfirman,


.....dan kemuliaan itu bagi Allah dan bagi rasul-Nya dan orang-orang mukmin...
(Al-Munafiqun: 8).


Kaum Muslimin akan dapat merebut kembali kemuliaan ini dengan jalan jihad. Al-Bazzar meriwayatkan dari Muadz bin Jabal, dia berkata, "Rasulullah Saw.bersabda,


'Kalian tetap berada didalam penerangan Rabb kalian, bila pada diri kalian tidak tampak dua malapetaka, kebodohan dan cinta dunia, dan kalian beramar makruf nahi mungkar, berjihad dijalan Allah, dan mereka yang berkata berdasarkan Al-Qur'an dan Sunah pada saat itu seperti generasi pertama (as-sabiqun al-awalun) dari kaum Muhajirin dan Anshar."


Jadi, jihad akan membuat kaum Muslim mencari kematian. Di saat itulah Allah akan melimpahkan kepada mereka kehidupan, yakni suatu kehidupan yang mulia yang diinginkan Allah ada pada mereka dan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw., para sahabatnya yang mulia, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari Akhir.

Ikhwah fillah, inilah sepenggal tulisan mudah-mudahan menjadi bekal dan semangat dalam mengarungi jalan Dakwah ini.

***

Catatan :

Untuk lebih menambah wawasan antum terkait dengan jihad ini tafaddal antum membaca buku ( TARBIYAH ASKARIYAH--MENCETAK GENERASI MILITAN--Teguh dalam Prinsip, Khusyu dalam Ibadah, Mulia dalam Akhlak---->> Karangan Khalid Ahmad Syantut)

Dalam buku ini dipaparkan tentang pengertian tarbiyah askariyah(militer), fenomena umat islam kontemporer, perangkat-perangkat tarbiyah askariyah yang meliputi pendidikan spritual, persiapan pemikiran, mental, fisik, materi, sosial serta institusi-institusi tarbiyah askariyah yang meliputi pendidikan rumah tangga, masjid, sekolah serta masyarakat. Dan beberapa contoh tarbiyah askariah yang ada di dunia ini (gerakan Salafiah di Nejed, gerakan Sanusiah serta Al Ikhwan Al Muslimun).
Satu buku lagi (MOZAIK SYUHADA IKWANUL MUSLIMIN karangan Prof.Dr.Yusuf Al-Wai'y) yang berisih kisah para tokoh2 ikhwan menuju syahid.

Jazakumullah Khair

(mujahid071)....>> sebenarnya belum pantas menyandang nama ini tapi nama adalah doa, mudah mudahan Allah menjadikan ana seorang mujahid.

Wassalam

***

NB:
Untuk penulis, ana ucapkan syukran lillah wa jazakallahu khairan katsir...
SALAM JIHAD !!!


Tidak ada komentar:

Template Design by SkinCorner